Sunday, October 2, 2016

Connect Domain ke Blogspot

hello,gampang kan dapetin domain gratisnya kan? sekarang waktunya kita cara connect sang Blogspot ke domain kita hohoho.

sebelum lanjut ane mau bahas dikit perbandingan CMS wordpress dan CMS blogspot.

Menurut ane, ini menurut ane ya, kelebihan dan kekurangan.
1. CMS Wordpress lebih mudah untuk buat struktur SEO nya karnya banyak plugin yang mendukung untuk bisa menjadi pejwan di mata google di banding CMS blogspot
2. CMS Blogspot lebih mudah tampilannya dan edit-edit post lebih mudah dan juga untuk edit HTML lebih mudah, karna cuma sebiji aja kode HTMLnya kalo wordpress banyak sub-sub HTMLnya jadi kalo ada kesalahan lumayan bingung cari sumbernya
3. Template CMS Wordpress lebih banyak dan lebih keliatan ciamik di banding CMS Blogspot, tapi bukan berarti CMS blogspot jelek-jelek templatenya ya.
4. Wordpress kudu, mesti atau wajib pake hosting sendiri dan musti pinter milih plugin untuk keamanan si web itu sendiri, ga kayak blogspot yang udah nyediain hosting free dengan keamanan yang super duper yummy.

sebenernya sih ini sama kyk post yang ane tulis juga yg CMS Wordpress basa-basi aja dikit hehe

By the way ane kasih tutorial ini supaya bos-bosku ini bisa melihat tampilan link blog bosku ga panjang banget kayak kereta api tuuut-tuutttt.

sebenernya sih ini sama kyk post yang ane tulis juga yg CMS Wordpress  juga, basa-basi aja lagi hehe
kenapa ane banyak basa basi? karna tutorial ini tidak panjang, tapi simpel alias sederhana tapi tetap butuh ketelitian ya bosku. tuh basa-basi lagi.. :p

Sudah Bukan Basa Basi lagi, lanjut step by step nya yuk lah 


1. langkah pertama buka blogger kalian dan masuk ke setting/pengaturan dan klik basic/dasar dan kilik lagi di bagian + Setup a 3rd party URL for your blog / bahasa indonya ane lupa, dan akan muncul instruksi untuk ngisi URL kamu atau domain yang udah kamu buat gratis dari post kita sebelumnya dan klik save. seperti ini lah kira-kira SSnya
setting basic blogspot
 Hayo loh error?

eits tenang emang begitu kok jalannya, mungkin kamu ga di takdirkan untuk pindah dari blogspot.com hehe canda bosku.

gini-gini, sekedar pengetahuan aja ya sebelum di lanjut tutorialnya, jadi kenapa si blogceprot bilang eror? karna si blogceprot ini bingung ni orang nyantumin domainnya tapi kok servernya ga ke data ama ane? maka terjadilah si error yang sempat membuat saya terkejang-kejang. tapi tenang kita lanjut dulu aja ya tutornya.

masuk ke web freenom kalian atau web domain lain tempat kamu buat domain tersebut. di sini ane bahas freenom aja ya, yang lain boleh contek hampir sama kok carane.

copy kode bagian yang ane buletin merah ini ("INGAT INI")
kode blogspot
terus login ke freenom kamu klik services->my domain terus klik manage domain(yang ada gambar badaknya, eh gearnya bosku) terus klik manage freenom DNSnya
dan input data kek gambar ini
masuk ke freenome dan input label A dan CNAME
ini Buat label type A
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
masukin yang ghs.google.com dan kawan-kawannya yang ane suruh copy tadi yang pas eror ane buletin merah(yang ane tulis tebel "INGAT INI") masukin kyk di atas( label CNAME), tapi gunain pake blog yang kamu ya.
kalo udah tinggal di save dah dan bakalan ada tulisan ijo yang tulisannya
  • Record added successfully
  • Record added successfully
  • Record added successfully
  • Record added successfully
  • Record added successfully
  • Record added successfully
nah sisanya tinggal kamu ulangin lagi input domain di blogspot tadi dan klik save dan voila, custom domain kamu sudah jadi

tuh bisa kan
Tuh Bisa kan
kalo misal ga bisa, coba di refresh dikit blogspotnya dan save ulang.
tinggal tunggu beberapa saat dan web sudah bisa di kunjungi kawanku, kasihku, cintaku :*
 terkadang web bisa di akses sekitar 24jam kedepan, jadi kalo belum bisa sabar dulu, tungguin sehari yak bosku.
nih sok mangga di lihat hasilnya di tuh-bisa-kan.tk ini step paling penting looh hihi.

 oiya jangan lupa ceklis
biar kalo orang ngunjungin domain kamu tanpa "www" di depannya tetap bisa masuk ke web kamu.
Syelamat mencoba.

syudah semua saya share ya, kalo masih bingung atau ada pertanyaan silahkan corat-coret di comment ya, atau mau kasih inputan juga boleh. sebagai newbie, ane sangat menghargai inputan dan masukan dari para bosku ini. tapi mohon jangan spam ya, ini bukan tempatnya.

 sekedar info nih bos-bosku, kalo web kamu udah jadi, konco mu ini bakal kasih salah satu cara biar web kita trafficnya naik, dan tertarget maunya dari negara mana yang buka web kita. tunggu info lanjutannya ya..






No comments:

Post a Comment