Sunday, October 2, 2016

Connect Domain ke Hosting

hi, jumpa lagi sama kita-kita nih.
lanjut dari pembahasan ane sebelumnya yaitu tutorial/cara dapet hosting dan domain gratis. nah sekarang gimana caranya connect domain ke hosting. disini ane pake hosting idhostinger dan domain pake freenom, jadi kalo pake yang lain, mungkin bisa contek sedikit ke post ini.

oke langsung saja ke step by stepnya guys.

silahkan buka freenom dan idhostinger kalian di Tab yang berbeda pastinya yah dan dengan akun yang sudah kita buat tadi.

 pertama kita main di freenom dulu ya, klik menu "service" dan klik sub-menu "my domain" kalo sudah nanti mucul page kek begini dan tinggal klik di "manage domain"(yang ada gambar badaknya, eh gearnya maksudnya)
klik manage domain
beres tuh langsung masuk menu "management tools" dan klik di "nameservers"
masuk ke name server
nah berikutnya silahkan diamkan sejenak freenom kita dan aduk sampe rata, hehe

 nah di idhostinger nanti bakal muncul notif kek di bawah gini(yang ane buletin warna pink biar cucok) dan notif itu ga jadi masalah kok tenang aja, karna emang belum nyambung sama domain kamu bosku. nah tinggal klik detail yang ane ceklisin merah kek di gambar bawah.
notif domain belum sampe
 kalo udah di klik detailnya nanti bakalan muncul kek gini
detail hostinger
 Langsung aja bosku di copy detail nameserver yang ane tandain ceklis merah tadi ke freenom.
 kira-kira sampe jadi kek gini freenomnya. inget ya pak, bu, jangan lupa di click dulu custom name servernya, karna kalo default, nanti balik lagi dia. wokeeeh?
input nameserver freenom
last tinggal klik di change nameserversnya dan voillaaaa beres sudah web domain anda konak ke hostingnya (eh konek maksudnya, typo lagi hehe).

coba di cek domain kamu bener ga sudah connect ke hostingnya, caranya masukin web kamu ke addresbar seperti di gambar bawah ini.
jadi webnya
nah kalo udah jadi, ketawa dulu bentaran kita ya biar fresh , sebelum kita lanjut ke step masuk ke cms wordpress. yok ketawa bareng-bareng HOHOHOHO.

Okeh mari kita lanjut ke bagian cara bikin CMS wordpress / web berbasis wordpress 

No comments:

Post a Comment