Sunday, October 2, 2016

Bikin CMS Wordpress

hello, sudah jadi ya hosting dan domain gratis kamu ? sudah connect domain ke hosting juga dong pastinya ? kalo sudah yuk mari lanjut ke cara bikin CMS wordpress / web berbasis wordpress

sebelum lanjut ane mau bahas dikit perbandingan CMS wordpress dan CMS blogspot.

Menurut ane, ini menurut ane ya,
1. CMS Wordpress lebih mudah untuk buat struktur SEO nya karnya banyak plugin yang mendukung untuk bisa menjadi pejwan di mata google di banding CMS blogspot
2. CMS Blogspot lebih mudah tampilannya dan edit-edit post lebih mudah dan juga untuk edit HTML lebih mudah, karna cuma sebiji aja kode HTMLnya kalo wordpress banyak sub-sub HTMLnya jadi kalo ada kesalahan lumayan bingung cari sumbernya
3. Template CMS Wordpress lebih banyak dan lebih keliatan ciamik di banding CMS Blogspot, tapi bukan berarti CMS blogspot jelek-jelek templatenya ya.
4. Wordpress kudu, mesti atau wajib pake hosting sendiri dan musti pinter milih plugin untuk keamanan si web itu sendiri, ga kayak blogspot yang udah nyediain hosting free dengan keamanan yang super duper yummy.

oiya satu lagi, kenapa ane kasih tutorial ini, karna buat kalian yang mau wordpressnya diisi dengan plugin tambahan, musti punya hosting sendiri, karnya kalo kita nemplok ke hosting wordpressnya ga bisa install plugin dengan leluasa, kalau pun bisa install leluasa musti, kudu, wajib bayar hosting dan uang keamanan(macam pol PP) ke wordpress walaupun kita udh punya domain sendiri, dan pastinya biar link kita jadi pendek ga panjang kek kereta api tut-tuuutt.

aduh basa-basinya kepanjangan, lanjut bosku ke step-by-stepnya.

download dulu di wordpress.org nya ya. perlu screenshot ga buat downloadnya? ga usah ya, kan udh sering download mah(efek download film "itu")

kalo udah download, masuk ke id hostinger kamu dan coba masuk ke file managernya dan klik public_html. (kalo diminta akun FTP silahkan klik dulu akun FTP yang ada di kanannya si file manager)
file manager hosting gratis
kalo udah masuk delete dulu default.php nya yak, terus langsung aja upload .zip wordpressnya
bikin Wordpress gratis
geratis bikin WP
kalo udah beres uploadnya sok masuk ke folder /public_html/wordpres terus ceklis semuanya dan pilih move
lakuin hal ini ya.
1. ubah /public_html/wordpress jadi /public_html/
2. klik set all target directories
3. baru ceklis dah, maksudnya oke in gitu
pindahin semua file
sip dah beres, terus sekarang cari file wp-config-sample.php dan klik edit
wp-config-sample.php
cari  paragraph nu kie (yang kek gini maksudnya)
// ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define('DB_NAME', Ganti jadi Database name kamu');

/** MySQL database username */
define('DB_USER', 'ganti sama Database User kamu');

/** MySQL database password */
define('DB_PASSWORD', 'pasword nih yang di database SQL kamu');

/** MySQL hostname */
define('DB_HOST', 'ini hosting si id hostingernya di masukin');
 oiya lupa, kamu pasti bingung dari mana nama database dan kawan2nya ya, hehe. maap ane hilaf nih bosku caranya bikin Databasenya masuk ke menu My SQL dan masukin nama, username, dan pasword nya terus tinggal copy data-data yang udh di buat ke wp-config-sample.php tadi

database my SQL
maaf coret2nya acak-acakan :p
tutorial wordpress
kalo sudah di edit wp-config-sample.php nya, jangan lupa di save ya bosku.

yup persiapan semua sudah ready skrng waktunya install wordpressnya, caranya yaitu dengan ketik di addressbar kamu nama web / domain kamu ditambah /wp-admin. contoh : tuh-bisa-kan.tk/wp-admin

terakhir, silahkan ikuti instruksinya aja yak, ane lupa nge SS stepbystepnya. mau upload lagi males hehe. maklumin yak udah gampang kok ini mah selanjutnya. maaf kan ane yak.

pokoknya nanti masuk ke pilih bahasa dulu, terus ada tulisan blablablabla dan klik let's go terus nanti di minta name database, username database, password database, sama table prefixnya di biarin default aja. terus nanti di suruh juga masukin judul web/ site tittle, username dan password buat masuk ke web kita(ga musti sama kyk database) sama masukin email,  Dan okey lah CMS Wordpress kamu sudah jadi dan saatnya ketawa berjamaah hohoho.

baik bosku mungkin itu aja step by stepnya untuk Bikin CMS Wordpress kalo masih bingung nanti silahkan di corat-coret aja komentar di bawah atau mau kasih inputan juga boleh dan mohon maklumi tulisan ane yang amburadul, karna ane masih newbie. semoga sukses nyobanya yaa..

kalo web kamu udah jadi, konco mu ini bakal kasih salah satu cara biar web kita trafficnya naik, dan tertarget maunya dari negara mana yang buka web kita. tunggu info lanjutannya ya..

No comments:

Post a Comment